Selasa, 12 September 2023 di Aula Kampus A Universitas Nurul Huda dilaksanakan Kuliah Umum yang bertemakan ” Digitalisasi Penulisan Karya Ilmiah dan Membumikan Karakteristik An-Nahdliyah di Kampus UNUHA”.

Dalam sambutan Dekan Fakultas Agama Islam, Marlina, M.Pd.I menjelaskan, Kuliah umum yang digagas Fakultas Agama Islam merupakan Kriteria Visi, Misi, Tujuan, dan strategi (VMTS) pada instrumen akreditasi Program Studi, kriteria ini merupakan elemen Kebijakan dan pelaksanaan VMTS melalui sosialisasi dan pelaksanaan VMTS Fakultas dan Program Studi. Kuliah umum ini juga masuk Kriteria Pendidikan, elemen Suasana akademik: kegiatan di luar kelas yang mendukung kompetensi akademik mahasiswa melalui Kuliah Umum. Kuliah Umum ini juga ingin menerbitkan Doktor-Doktor Prodi yang telah menyelesaikan studinya untuk mengembangkan kemampuan public speakingnya di lingkungan Kampus tercinta. Bukannya tidak ingin mengundang dari pihak luar untuk menjadi pemateri, tapi ini adalah langkah awal memperkuat Kontribusi Dosen di lingkungan FAI melalui mimbar akademik Fakultas.

Kegiatan Kuliah Umum ini wajib dihadiri oleh Mahasiswa Baru Fakultas Agama Islam, Program Studi Agama Islam (PAI) dan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Kuliah Umum ini mengahadirkan dua pemateri yang memahamkan tema yang singkron dengan Visi dan Misi Fakultas dan program Studi.

Wakil Rektor 1, Bapak Suhartono, M.Pd.I dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan Kuliah Umum di Fakultas Agama Islam. Kuliah Umum tahun ini sengaja diinstruksikan harus dilaksanakan ditingkat Fakultas agar muncul Variasi-variasi yang sesuai dengan kebutuhan Fakultas. Beliau sebelum membuka kegiatan ini secara resmi menghimbau kepada seluruh mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan Kuliah Umum ini secara tertib dan sungguh-sungguh sebagai bekal melanjutkan perjuangan menuntut ilmu.

Pemateri pertama dalam Kuliah Umum ini diisi oleh Dr. Ahmad Ulin Ni’am, M.Pd. sekaligus Dosen Tetap Program Studi PGMI yang mengangkat tema “Membumikan Karakteristik An-Nahdliyah di Kampus Universitas Nurul Huda.

Dalam membumikan Karakteristik An-Nahdliyah di Kampus Universitas Nurul Huda mahasiswa harus memiliki karakter Tawasut, Tawazun, I’tidal dan Tasamuh/Toleransi. Hal ini untuk mewujutkan implementasi Tridharma PT yang berlandaskan Ahlu Sunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah, sehingga Visi Fakultas dan Program Studi dapat terimplementasikan.

Pemateri kedua dalam Kuliah Umum ini pematerinya diisi oleh Dr. Ahmad Ahmad Sodikin, M.Pd. sekaligus Dosen Tetap Program Studi PAI, yang mengangkat tema “ Digitalisasi Penulisan Karya Ilmiah”.

Digitalisasi Karya Ilmiah yang harus dikembangkan mahasiswa adalah Teknologi kecerdasan buatan (AI) yang disingkronkan dengan Mendeley, sebuah platform manajemen referensi yang mampu bekerja sama dengan AI untuk membuat penulisan karya ilmiah lebih efisien.

Manfaat Kombinasi AI dan Mendeley: Pengumpulan Referensi yang Cepat dan Akurat: Dengan bantuan AI, Mendeley dapat memindai dan mengindeks ribuan artikel jurnal, buku, dan sumber-sumber lainnya dalam hitungan detik. Hal ini memungkinkan penulis untuk dengan mudah mencari dan menambahkan referensi ke dalam karya mereka. Penggunaan AI dalam penulisan karya ilmiah semakin menjanjikan. Kombinasi Mendeley dan AI bukan hanya mempermudah proses penulisan, tetapi juga meningkatkan kualitas karya ilmiah dengan meminimalkan kesalahan. Hal ini menggambarkan bagaimana teknologi terus berkembang dan membantu memajukan dunia penelitian.

Dengan adanya solusi AI seperti Mendeley, mahasiswa, peneliti, dan akademisi dapat lebih fokus pada konten inti karya ilmiah mereka, sementara teknologi mengambil alih tugas-tugas administratif yang memakan waktu. Ini adalah tonggak penting dalam upaya menyebarkan pengetahuan dan meningkatkan produktivitas di dunia akademik.

Pada Kuliah Umum ini juga sekaligus disosialisasikan Visi Misi Tujuan Fakultas Agama Islam dan Program Studi melalui Standing Benner yang dipajang di pintu masuk aula menuju tempat kegiatan kuliah umum. Para pemateri dalam penyampaian materi kuliah umum juga menyingkronkan penyampaian materi dengan visi Fakultas dan Prodi.

By admin

One thought on “Implementasi Kriteria Visi Misi dan Kriteria Pendidikan Pada Fakultas Agama Islam melalui Kuliah Umum.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *